Rabu, 11 Juni 2014

Perbandingan Android vs IOS vs Windows Phone

Dunia teknologi yang semakin berkembang dan persaingan bisnis yang ketat memicu berbagai produk melakukan inovasi secara terus menerus. Tak terkecuali di dunia ponsel, ponsel pintar (smartphone) tengah berkembang di era teknologi informasi ini. Berbagai aplikasi dan fitur yang ditawarkan oleh berbagai merk ponsel menjadi daya tarik sendiri bagi sebagian orang. Begitupun dengan operating system (OS) yang dipakai, OS ini sangat mempengaruhi kinerja dan fitur dari sebuah smartphone.
Adapun tiga OS yang tengah fenomenal adalah android, iOS dan Windows Phone. Ketiganya menjadi topik hangat yang banyak dikupas di media masa maupun di berbagai perbincangan. Hal itu disebabkan munculnya versi – versi baru dari perangkat tersebut dengan keunggulannya masing-masing.
Perlu diketahui, android adalah sistem operasi berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam piranti penggerak. Android Inc yang ketika itu pendatang baru yang membuat peranti bergerak dibeli oleh Google Inc. Android mengalami perkembangan pesat sampai sekarang ini.
Jika iOS yang sebelumnya iPhone OS adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple. Antarmuka pengguna iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung menggunakan gerakan multisentuh. Pada 12 September 2012, App Store Apple berisi lebih dari 700.000 aplikasi iOS, yang secara kolektif telah diunduh lebih dari 30 miliar kali.
Adapun Windows Phone adalah keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti platform Windows Mobile. Dengan Windows Phone, Microsoft menciptakan antarmuka pengguna baru menggunakan bahasa desainnya yang diberi nama Modern Style UI. Selain itu, perangkat lunak ini terintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga dan berbagai layanan Microsoft.
Keunggulan android
Android memiliki kelebihan – kelebihan sebagai berikut :
Open source
Ibarat sistem informasi pada desktop, android adalah Linux untuk tablet. Adroid adalah sistem informasi yang berbasis kernel Linux, sistem informasi yang terbuka. Google merilis source code Android untuk memudahkan developer yang akan menciptakan aplikasi andoid.
Google serius kembangkan Android
Keseriusan google dalam mengembangkan android dibuktikan dengan kemajuan android secara signifikan. Sampai saat in saja android telah dikembangkan sampai pada generasi keempat atau disebut ice cream Sandwich.
Ketersediaan aplikasi yang berkualitas
Sifat open source yang dimiliki android membuat developer antusias dalam mencipta aplikasi. Sehingga aplikasi berkualitas dan gratispun bisa didapatkan, mulai dari kategori game, sosial media, entertainment, hingga aplikasi perkantoran.
Developer rajin meng-upgrade aplikasi
Android selalu ‘up-to-date’ untuk melakukan perubahan. Jadi tiap kali ada ‘bug’ yang ditemukan, developer akan menyediakan “patch” untuk memperbaikinya. Selain itu, setiap versi yang diupgrade akan meningkatkan performance OS itu sendiri.
Keberagaman pemilihan perangkat
Perangkat android tidak hanya diproduksi oleh satu vendor. Google memang tidak tertuju pada satu vendor untuk mengadopsi android.
Keunggulan iOS
iOS memiliki kelebihan – kelebihan yang menjadi andalan produknya tersebut, antara lain :
Jumlah aplikasi dan games terbanyak dibanding OS smartphone lain. Aplikasi ini bisa didownload melalui iTunes menggunakan acoount iTunes free atau berbayar yang dimiliki.
Punya kontrol ketat terhadap kualitas aplikasi yang ada di apps store
Perfoma dan kualitas menjalankan aplikasi / games lebih bagus dibanding smartphone dengan OS lainnya.
Device-device lama bisa mendapat update OS walau secara hardware jauh tertinggal
Pelopor could computing (media penyimpanan data secar online)
Garansi device internasional
Harga jual kembali lebih stabil
Sulit terserang virus
9. User friendly
Keunggulan Windows Phone
Kelebihan windows phone dilihat dari fitur-fiturnya adalah seperti dibawah ini :
Antar muka
Microsoft mengandalkan Metro UI sebagai user interface atau antarmuka ponsel yang mengadopsi Windows Phone 7.5 atau Mango. Layar utamanya mengandalkan kumpulan kotak yang dapat diganti isinya, misalnya dengan aplikasi, update cuaca, update berita, kontak, atau RSS feed.
Bing
Bing adalah sebuah mesin pencari, seperti google pada android. Bing memang belum begitu popular di Indonesia.
Find My Phone
Fitur find my Phone di windowsphone ini berguna untuk melacak ponsel windowsphone yang hilang. Find My Phone akan memberikan peta yang menunjukkan tempat terakhir di mana ponsel windowsphone yang hilang berada. Selain itu, fitur ini dapat mengatur agar ponsel terkunci atau justru berdering apabila posisi terakhir ponsel dalam mode hening.
4. Battery Saver Windows Phone
Dengan battery saver, pengguna dapat memilih opsi untuk tetap menggunakan fitur-fitur ponsel meski baterai ponsel dalam keadaan lemah, atau diaktifkan setelah pengisian berikutnya. Pada dasarnya, fitur ini memberikan keseimbangan antara fungsionalitas ponsel sambil mencoba memberikan daya tahan baterai yang maksimal.
5. App Connect & Marketplace Windows Phone
Dengan App Connect, Anda akan mendapatkan informasi mengenai aplikasi yang relevan dengan hasil pencarian web Anda.
Custom Ringtones Windows Phone
Fitur ini berguna untuk membuat personalisasi nada dering Anda sendiri. Caranya dengan memasukkan lagu ke client software Zune. Selama nada dering itu berfile MP3 atau WMA, kurang dari 40 detik dan/atau 1MB, tak akan ada masalah.
Keunggulan sebuah produk memang menjadi daya tarik bagi sebagian orang. Namun, dibalik keunggulan ada saja kekurangannya yang seringkali menjadi perdebatan bagi para penggemar ketiga OS diatas. Seperti faktor biaya (harga), device iOS memang lebih mahal dari yang lainnya. Selain itu, tidak terdapat slot micro SD pada perangkat iOS. Sedangkan pada perangkat Windows Phone, aplikasi pihak ketiga (third party) tidak boleh aktif dilatar belakang, tidak ada folder, akses file multimedia harus melalui Zune, dan data Office harus disimpan dilayanan online SkyDrive. Memang karena masih baru, semau potensi platform mobile ini belum optimal.
Adapun android yang menggunakan platform terbuka, android market yang dimilikinya kurang kontrol dari pengelola, terkadang masih terdapat malware. Aplikasi – aplikasi pada android kadang juga menampilkan iklan. Walaupun secara tampilan memang tidak mengganggu kinerja dari aplikasi itu sendiri karena iklan berada di bawah atau atas aplikasi. Selain itu, menggunakan OS android memang boros baterai. Hai ini karena OS ini terdapat banyak “process” di background yang mengakibatkan baterai cepat habis.

1 komentar: